Sudahkah anda berada pada jenjang karir yang benar?

12 August 2009 ·
Setiap manusia tentunya ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik termasuk dalam karir dan percintaan.
Kali ini kita sampingkan percintaan dan fokus kepada karir anda...
Apakah anda berada pada jenjang karir yang sesuai?
Jika di ibaratkan anak tangga setiap pekerjaan yang anda lakukan akan membawa anda selangkah lebih dekat terhadap karir impian anda.

Jadi pertanyaan BESARnya:
Apakah pekerjaan anda akan membawa kepada KARIR impian anda?
Layaknya anda menentukan rute perjalanan ke sebuah tempat setiap jalan, metode transportasi dan juga peta yang jelas yang akan membuat anda berada pada tempat tujuan dengan lebih cepat.
Ketika anda melamar disebuah perusahaan, perhatikan dan tanyakan kepada orang yang menginterview anda seperti apa jenjang karir saudara.
Misalnya anda melamar sebagai sales executive apakah anda dapat naik ke jenjang berikutnya sebagai sales manager atau pun sales director?
Tentunya ini akan memberikan anda wawasan yang lebih dalam untuk anda menjadi lebih berhasil di pekerjaan anda.
Mungkin ada juga yang "mentok" dengan karir anda.. misalnya di bidang akunting (accounting), karir anda bisa dimulai sebagai junior accountant dan hanya naik satu langkah sebagai senior accountant.
Inipun memerlukan pengalaman kerja hitungan tahunan untuk mencapai posisi senior.
lalu bagaimana menilai jenjang karir anda bila merasa "mentok" ?
mungkin anda perlu melakukan self evaluation, dan bertanya ini:
=> Inikah karir yang saya mau?
=> Bisakah saya melihat diri saya bahagia 2tahun/5 tahun kedepan di bidang yang saya geluti ?
=> Apakah ini pekerjaan yang saya memang ahli dalamnya?
Tentunya ketiga pertanyaan ini akan membuat anda lebih berhati - hati dan bertanya secara seksama apakah anda memang akan menikmati pekerjaan yang anda lakukan atau malah anda akan merasa jenuh.
Jika anda mau beralih karir, mungkinkah ini waktu yang tepat? Perusahaan seperti apa yang anda mau bergabung untuk dapat mencapai karir yang diidamkan? Jangan takut untuk mengubah jenjang karir anda...
jika memang itu benar - benar yang anda inginkan (bukan karena dorongan dari orang terdekat seperti saudara, orang tua atau pasangan anda). Pertimbangkan selalu resiko emosi dan juga waktu jika anda memang merubah jenjang karir anda. Jika anda berada pada jenjang karir yang tepat dan merasakan kejenuhan. Pertimbangkan bagaimana anda dapat menyikapi setiap pekerjaan yang rutin dengan sikap yang benar. Tentunya ini akan membuat anda menjadi jauh lebih baik dalam mengerjakan tugas anda.

Hidup Hanya Sekali, Tentukan Dengan Mantap Apa Yang Anda Mau Dari Hidup Anda .

0 comments:

Mention Me for Question

Recent Coments

Followers

Man Behind This Blog

My Photo
Feri Noviantoro
Saat ini penulis Bekerja sebagai Civil & Structure Engineer di Bidang Oil & Gas, meskipun pada awal karir tidak langsung kedunia engineering, tetapi pemahaman dan pengetahuan tentang engineering tidaklah hilang, sudah lebih dari 4 Tahun bergelut dengan dunia struktur, dan sempat menjadi pengajar untuk Teknik Rancang Bangun (AutoCAD 2D&3D, SAP2000, RAB) saat masih kuliah, penulis sekarang aktiv dalam Research and Development Program untuk beberapa software Structure Dynamics dan Drawing untuk Structural Detailing.
View my complete profile